Thursday 24 August 2017

Destinasi Wisata Tersembunyi Dieng

Butuh referensi tempat wisata? Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Ingin wisata yang menantang adrenalin, tenang dan jauh dari kebisingan? Tidak perlu jauh-jauh cukup di Indonesia saja.

Indonesia yang begitu eksotik pada dasarnya memiliki berbagai tempat yang menarik. Indonesia tidak hanya memiliki Bali, Bandung dan daerah-daerah yang sudah terkenal di kalangan penjuru dunia.  Tahukah? Ternyata di Provinsi Jawa Tengah khususnya Dieng yang terkenal dengan nama "Negri Diatas Awan" tersebut juga memiliki banyak tempat yang tak kalah cantiknya.  Dieng memang tidak sesenior Bandung dan Bali yang lebih dahulu di kenal oleh para wisatawan, baik domestik maupun sekelas mancanegara. Namun hal itu tidak menjadikan Dieng kalah dengan dua tempat tersebut.

Cuaca yang dinginnya diatas puncak Cisarua ini, menyajikan berbagai keunikan tersendiri, ditambah dengan masih junior dalam segi pariwisata menjadikan banyak tempat di sini yang belum tereksplose.

Selain itu, berbagai sarana di sini juga bisa dikatakan masih sangat murah bila dibandingkan di tempat wisata pada umumnya, dari tiket, kuliner hingga penginapan bisa dijamin bisa membuat kantong anda tidak kebobolan.

Dieng tidak hanya memiliki kawah sikidang, candi arjuna, bukit sikunir dan batu pandang saja. Ternyata ada banyak tempat yang belum familiar di mata para wisatawan karena memang belum terlalu tereksplose oleh pemerintah setempat maupun media. Contohnya saja keindahan yang tersembunyi dibalik desa Batur (salah satu nama desa di Dieng) ternyata menyimpan keindahan yang begitu mempesona. 

Tidak main-main, tujuh Curug yang begitu indah berada disini. Sayangnya saya baru mengunjungi dua saja. Kedua Curug ini sangat cocok bagi para wisatawan yang menginginkan hal yang lebih menantang dan tenang. Dua curug tersebut adalah Curug Sigenting dan Jlegong. Meski letaknya berdekatan namun dari segi karakteristik, kedua curug ini sangatlah berbeda.

Katakteristik Curug Jlegong lebih lembab bila di bandingkan dengan Sigenting, karena arena yang sempit dan lebih tersembunyi, menjadikannya lebih mudah ditumbuhi lumut serta rerumputan yang basah menjadikan tanahnya bertekstur lembek dan becek. Kondisi tersebut menjadikan medan sekitar curug ini lebih sulit di lalui bila dibandingkan dengan Curug Sigenting.

Satu hal yang tidak dimiliki Curug Sigenting adalah air panas, ditambah dengan arsitektur batu yang terbentuk dari air belerang menjadi kekhasan tersendiri bagi Gurug Jlegong.

Itulah beberapa referensi saya mengenai tempat wisata di Dieng yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Terus pantengin blog ini, untuk mendapatkan berbagai info tempat-tempat menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Destinasi Wisata Tersembunyi Dieng

Butuh referensi tempat wisata? Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Ingin wisata yang menantang adrenalin, tenang dan jauh dari keb...